Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Bentuk Tubuh Sesuai dengan Gaya Busana


Setiap orang memiliki gaya pribadi dalam berbusana. Gaya berbusana seseorang itu adalah milik pribadi yang bersangkutan dan hal ini erat kaitannya dengan selera dan cita rasa mode yang dimilikinya, tanpa di paksa dan sangat unik. Bagaimana cara ia menerapkan dan memadukan aneka busana yang dipilih dengan warna, corak, dan tekstur menjadi satu kesatuan yang disebut dengan gaya pribadi. Untuk menciptakan gaya pribadi, ada beberapa pertanyaan yang dapat anda jawab;


Siapakah saya?

Untuk mendapat gambaran yang jelas yang mencakup bentuk lahiriah dan pribadi yang bersangkutan, yaitu berhubungan dengan usia dan bentuk tubuh.


Seperti apakah gaya hidup saya?

Berkaitan dengan segala aktifitas sehari-hari yang dilakukan, termasuk juga lingkungan pergaulan social. Begitu variatifnya pergaulan seseorang, menurut beragam penampilan yang berbeda untuk kesempatan yang berbeda pula.


Apa yang ingin saya kenakan?

Memberi gambaran megenai selera dan citra diri yang diinginkan oleh pribadi masing-masing.


Jawaban pertanyaan yang di atas akan mempengaruhi seseorang dalam menentukan busana yang dikenakan. Namun banyak yang menemui kesulitan dalam memilih busana ini. Pada pembahasan selanjutnya akan dibahas trik-trik untuk mengatasi kendala yang anda hadapi.


Ditilik dari bentuk tubuhnya, wanita dapat dikategorikan ke dalam 6 tipe. Akan tetapi, karena bentuk tubuh setiap orang adalah unik, sudah barang tentu akan terdapat banyak kombinasi antara satu tipe dengan yang lain. Karena itu, orang bersangkutanlah yang paling tepat untuk dapat mengamati ciri dan karakter bentuk tubuhnya dengan salah satu bentuk tubuh dibawah ini.


Ada cara mudah untuk mengetahuinya, berdirilah di depan cermin, amati refleksi badan yang ada di cermin dengan seksama. Amati secara kesuluruhan, kemudian per bagian, dari atas hingga pinggang, lalu dilanjutkan dari pinggang hingga kebawah. Catat dalam hati, bagian tubuh mana yang anda sukai dan dianggap sebagai kelebihan yang dimiliki, dan bagian mana yang dianggap kurang ideal dan kurang anda sukai. Tak perlu khawatir, terimahlah dengan lapang dada. Sambil anda berusaha membentuk tubuh dengan berolah raga. Andapun dapat memberi keseimbangan pada tubuh dengan cara mengkamuflasekannya lewat busana. Camkan dalam hati, bahwa kekurangan tersebut tidak mengurangi penampilan secara total.


6 Tipe Bentuk Tubuh


1. Tipe Piramida (Segi Tiga)

a. Garis bahu sempit dan cenderung menurun, sehingga memberi kesan bongkok. Sering terdapat pada seseorang yang berdiri dengan tidak tega, dan

b. Bagian pinggul cenderung lebar dengan pangkal paha yang besar.


2. Tipe Segitiga Terbalik


a. Garis bahu besar, cenderung memiliki dada yang besar, dan

b. Bagian pinggul sempit karena itu, secara proposional, bagian tubuh sebelah atas lebih berat.


3. Tipe Gelas Waktu 

Tipe ini memiliki bentuk tubuh ideal, karena proporsi garis antara garis bahu, pinggang, dan panggul sesuai.


4. Tipe Angka Delapan 

a. Bahu cenderung gemuk,

b. Bagian dada cenderung penuh dan besar,

c. Garis torso atau jarak dari bahu hingga pinggang terkesan pendek, dan

d. Pinggul penuh dan pangkal paha cenderung besar. 


5. Tipe Persegi Panjang

a. Bagian pinggang tidak berlekuk, dan

b. Garis bahu dan pinggul hampir sama.


6. Tipe Bulat Lonjong



a. Garis bahu cenderung penuh dan menurun,

b. Pinggang tidak rampaing,

c. Perut besar,

d. Pinggul besar.

Posting Komentar untuk "Macam Bentuk Tubuh Sesuai dengan Gaya Busana"