Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Memaksimalkan Iklan dengan Facebook Ads


Facebook Ads adalah bisnis iklan buatan Facebook yang disajikan kepada pengguna Facebook berdasarkan aktifitas pengguna, informasi demografis, informasi penggunaan perangkat, iklan dan informasi yang disediakan oleh mitra pemasarannya, dan aktifitas online pengguna yang lainnya di luar Facebook. Banyak sekali manfaat yang diberikan apabila melakukan iklan menggunakan facebook ads, seperti dibawah ini:


Penargetan yang Efektif


Facebook menawarkan sejumlah besar opsi penargetan dan penargetan ulang agar bisa menayangkan iklan kepada target konsumen yang telah didefinisikan secara mendetail (sesuai dengan demografi, lokasi, perilaku, dalam golongan konsumen yang mirip, dan masih banyak lagi detail yang lainnya). 


Facebook ini bisa memudahkan dalam menangani kampanye iklan di berbagai media sosial, dengan fitur yang sebenarnya sangat mudah digunakan. Mengapa mudah dipakai?Karena sudah dibuat untuk memandu pemasar menyiapkan kampanye iklan produk yang ditawarkan.


Dengan beberapa klik saja, pemasar sudah bisa menjalankan berbagai iklan di Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger baik pada layar ponsel maupun desktop.Pemasar tinggal mengatur preferensi anda sendiri sesuai dengan kepentingan bisnis yang diinginkan. Anda juga dapat memasukkan piksel tracking ke dalam page di website produk agar pemasar bisa menargetkan pelanggan ideal dengan produk apa saja yang paling mereka minati.


Jangkauan Target yang Luas


Traffic seluler saat ini menjadi sangat penting karena penetrasi smartphone terus meningkat dan jaringan data 4G semakin berkembang.Banyak orang melirik smartphone dan mengakses media sosial bahkan di tengah-tengah pekerjaan penting mereka.Dengan hadirnya Facebook Ads ini, konsumen mendapatkan akses ke konsumen seluler pemasar dan pesan iklan yang telah di pasang pasti sampai ke layar mereka. Bicara soal Facebook sendiri, penggunanya kini sudah mencapai lebih dari 1,74 miliar. Hampir seluruh penggunanya mengakses aplikasi seluler mereka di smartphone setiap hari, dan angka penggunaannya terus berkembang.Jadi, Facebook Ads layak dicoba.


Dapat menentukan pembayaran iklan melalui CPC atau CPM Menggunakan Facebook Ads, maka memungkinkan Anda untuk memilih fitur iklan berdasarkan anggaran Anda. Untuk ini, Facebook menyediakan iklan Cost Per Mille (CPM) dan Cost Per Click (CPC). CPM sendiri adalah merupakan iklan yang harus Anda bayar dalam setiap kali penayangan. Jadi, intensitas penayangan iklan berpengaruh besar pada biaya yang harus Anda keluarkan.CPM merupakan pilihan bagi Anda yang ingin meningkatkan kesadaran merek. Sedangkan untuk CPC, Anda diharuskan untuk membayar jika iklan Anda di klik oleh seseorang.Klik ini juga termasuk untuk like, komentar, dan share.Jika Anda menggunakan CPC, maka tepat apabila tujuan Anda adalah interaksi dengan pemirsa.


Berikut ini merupakan penjelasan yang lebih lengkap:


Cost Per Click/CPC : Sedikit mengulas kembali, CPC merupakan iklan di mana pemasar akan dikenakan biaya setiap kali iklan yang telah dipasang di klik oleh konsumen. Artinya, apabila iklan tidak diklik, maka pemasar tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Lalu, berapa yang harus kita bayar jika menggunakan iklan model ini? Dalam hal penentuan biaya iklan, Facebook akan melihat beberapa hal sebagai pertimbangan. Hal-hal tersebut di antaranya seperti apa bidang pemasaran yang ditentukan, dan kemana pemasar akan mengarahkan (fanpage atau website), dan juga tingkat persaingan kompetitor. Umumnya untuk market Indonesia, biaya berkisar antara $ 0,05- $ 0,12 atau setara dengan 650- 1.550 rupiah.


Cost Per Mille/CPM : CPM sendiri merupakan iklan tayang dimana pemasar harus membayar iklan yang ditayangkan setiap kali iklan tersebut muncul. Artinya, sebagai pemasang iklan, pemasar hanya membayar jika iklan yang ditayangkan dilihat sebanyak 1000 tampilan.Meskipun iklan tidak diklik oleh pengunjung, maka pemasar tetap berkewajiban membayarnya. Facebook juga mempertimbangkan biaya iklan terkait dengan bidang bisnis, target, dan pertimbangan lain yang sama halnya dengan iklan CPC. Besaran nilai yang harus dibayarkan juga hampir sama dengan CPC, yakni jika iklan ditampilkan sebanyak 1000 kali, maka biaya yang harus dibayarkan sebesar antara jumlah rentang $ 0,05 - $ 0,12 dollar.


Analisa Lanjutan untuk Penargetan Berikutnya


Facebook juga tidak berfokus hanya pada analisis dan pelaporan untuk iklan yang dikerjakannya. Daripada berjuang untuk melihat seberapa tinggi tingkat konversi bisnis dan bagaimana metrik sosial yang lainnya, dengan Facebook Ads kita bisa mengatur perencanaan iklan dengan jelas dengan langkah yang lebih mudah dimengerti. Saat mengelola halaman Facebook, pemasar bisa mengakses data ini lewat tab “wawasan” di mana pihak Facebook akan memberikan matrik seperti jangkauan mingguan, page yang disukai, keterlibatan pos, pos yang berkinerja terbaik, dan pemasar juga bisa mengukur page dengan metrik persaingan untuk melihat bagaimana kecocokkan penargetan yang telah dilakukan.


Meningkatkan Brand Awareness


Pengguna Facebook memeriksa news feed mereka sejumlah beberapa kali per hari. Inilah yang memberi kesempatan agar target pasar bisa berulang kali menerima paparan atau exposure akan iklan yang sudah dipasang oleh pemasar. Bahkan jika target pasar tidak mengklik iklan diawal, iklan tersebut terlihat secara lanjutan oleh pengguna Facebook, maka iklan bisa berpotensi membantu pemasar dalam membangun kepercayaan. Jika kepercayaan pasar sudah terbangun, pemasar bisa menciptakan peluang untuk penargetan ulang di waktu yang akan datang.


Meningkatkan CTR (Click Through Rate)


Kualitas dan keakuratan hasil dari iklan Facebook juga akan terus meningkat. Mengapa? Karena Facebook meningkatkan tool periklanan dan bisnisnya secara terus-menerus sehingga Facebook dapat dikatakan konsisten mempelajari berbagai hal terkait penggunaan Facebook Ads ini dengan tepat.Dan saat ini, dengan peningkatan konstan pada penargetan serta hasil akhir yang kreatif, pemasar bisa menghubungi pengguna Facebook yang tepat untuk dijangkau. Selain itu, pengguna Facebook dapat memiliki kebebasan untuk jadi kreatif dengan beberapa jenis iklan yang bisa pilih oleh pemasar dan ditampilkan kepada calon konsumen.


Meningkatkan Loyalitas Customer dengan Menggunakan Facebook Page


Banyak pelaku bisnis telah membuat Facebook Page untuk meraih fans sebanyak-banyaknya. Melalui halaman tersebut, pemasar dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen, sehingga pemasar dapat membangun loyalitas dan merek sendiri.


Jika seseorang pernah meng-klik iklan Anda, maka iklan Anda akan sering muncul di halaman Facebook orang yang berkaitan. Iklan yang kita pasang memiliki kesempatan yang jauh lebih baik untuk mendapatkan perhatian dan dilihat beberapa kali. Dengan begitu, maka sebagian besar pengguna Facebook akan mengunjungi website penjualan produk beberapa kali dalam sehari.

Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Memaksimalkan Iklan dengan Facebook Ads"