Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BTS Berkontribusi 0,5 Persen Untuk Perekonomian Korea Selatan

pendapatan bts


Grup K-pop BTS menjadi salah satu budaya populer yang mendongkrak perekonomian Korea Selatan. Kabarnya, keberhasilan mereka menyumbang pendapatan negara hingga 5 miliar dolar AS.


Berdasarkan percakapan dengan NPR, BTS dikatakan berkontribusi hingga Rp 71 triliun per tahun. Setidaknya nilai itu setara dengan 0,5 persen ekonomi Korsel. Angka ini meningkat setelah 2019, penyanyi Butter itu menyumbang 4,65 miliar dolar AS.


Laporan Hyundai Research Institute juga menyatakan bahwa pada tahun 2018, BTS memperoleh 4,14 triliun won dari keuntungan mereka dalam hal konser tiga hari di Seoul dan perilisan album yang terjual jutaan kopi.


Pendapatan tersebut juga dipengaruhi oleh kerjasama BTS dengan gerai makanan McDonald's yang merilis BTS Meal. Brand fashion Louis Vuitton juga menjadikan mereka sebagai House Ambassador.


Sejumlah brand tak lepas dari kerja sama dengan BTS, misalnya Samsung Galaxy, sepatu FILA, Hyundai, Baskin Robbins, Coca Cola, dan lain-lain.


Selain itu, melalui survei yang dilakukan terhadap 12.663 orang sejak Agustus hingga September 2019, BTS memimpin daftar artis K-pop yang menjadi alasan berkunjung ke Korea Selatan.


Akibatnya, hallyu tidak hanya menjadi fenomena budaya populer tetapi juga kekuatan untuk meningkatkan citra Korea Selatan di mata dunia.


BTS juga berbicara di Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat September lalu. Saat itu, mereka mengusung tema Lost Generation yang menceritakan semangat anak muda di tengah pandemi COVID-19.

Posting Komentar untuk "BTS Berkontribusi 0,5 Persen Untuk Perekonomian Korea Selatan"