Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sejarah Pantai Pandawa di Bali

wisata ke pantai pandawa bali tips wisata murah ke pantai pandawa bali

Dengan adanya akses jalan yang memadai, pada tahun 2004  mulai  ada Tamu Manca Negara mengenal Pantai Melasti untuk kegiatan Surfing mengingat Ombaknya sangat bagus untuk bermain Surfing, lama kelamaan Pantai Melasti oleh salah satu Tamu manca Negara yang berasal dari Australia mulai memperkenalkan Potensi Melasti dengan ombaknya, dengan sebutan SECRET BEACH. 


Pada tahun 2010 terjadi peningkatan kunjungan Tamu Manca Negara khususnya yang akan bermain Surfing dan ternyata mereka untuk memasuki Kawasan Secreet Beach melalui informasi yang mereka dapatkan harus membayar kepada pihak yang memberi informasi, bermula dari hal tersebut Prajuru Desa untuk menindak lanjuti dengan membentuk Tim Pengelola dan menetapkan Pantai Melasti sebagai Kawasan Wisata dengan menggabungkan Potensi  Pertanian Rumput laut yang sudah ada. 


Pada tahun 2012 tepatnya tanggal 27 Desember ditetapkanlah Pantai Melasti atau Secreet Beach melalui Pelaksanaan Pandawa Beach Festival yang Pertama dengan Nama PANTAI PANDAWA, mengingat secara penyebutan nama PANDAWA sangat familiar dan mengandung penuh filosopi dimana menurut mitologi Hindu yang dimuat di dalam epos Maha Bharata diceritakan kehidupan Sang Panca Pandawa dikurung di dalam Goa Gala-Gala sehingga munculah pemikiran dari keluarga Pandawa untuk membuat sebuah terowongan sehingga keluarga Pandawa bisa diselamatkan dan akhirnya Panca Pandawa diberikan membuka suatu kawasan hutan belantara yang sangat angker sebagai daerah kekuasaan, berkat kerja keras dan semangat kebersamaan yang didukung oleh seluruh rakyatnya PANCA PANDAWA dapat membangun sebuah kerajaan yang diberi nama AMERTHA yang di pimpin oleh Raja YUDISTIRA sehingga rakyatnya bisa menikmati kehidupan yang lebih baik. 


Ada kemiripan daripada cerita yang ditulis dalam epos Maha Bharata dengan fakta perjalanan nasib masyarakat Desa Kutuh, sehingga masyarakat sepakat memberi nama Pantai MELASTI (secret beach) dengan sebutan Pantai PANDAWA agar bisa dikenang sepanjang masa.


Pantai Pandawa berlokasi di Bali Selatan, tepatnya di Desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dahulu pantai ini dikenal sebagai Secret Beach karena lokasinya yang berada di belakang tebing-tebing tinggi ditumbuhi oleh semak belukar. Pantai yang hanya berjarak sekitar 3 km dari Nusa Dua ini sebenarnya sudah lama dikenal namun karena akses menuju pantai cukup sulit menjadikan pantai ini sepi dari kunjungan wisatawan. 


Melihat potensi keindahan yang dimiliki oleh pantai ini, beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Badung sudah membuka akses berupa jalan sepanjang kurang lebih 1,5 km menuju pantai yang melewati tebing-tebing kapur tinggi. Kondisi jalanan menuju lokasi pantai ini begitu unik dan megah karena diapit tebing yang telah dibelah.


Keindahan pantainya sendiri tidak perlu diragukan lagi. Pesona pasir putihnya terhampar dari ujung ke ujung, airnya jernih dan bersih dan deburan ombaknya mengalun di kejauhan. Harmonisasi berbagai keindahan tersebut siap menentramkan hati Anda. 


Berkunjung ke pantai ini berarti Anda perlu bersiap-siap untuk basah. Berenang menjadi aktivitas utama selain kano atau paragliding. Akan tetapi, apabila tidak ingin berbasah-basahan maka Anda bisa bersantai duduk di warung-warung pinggir pantai sembari menikmati air kelapa bersama jagung bajar. Anda juga bisa berjalan-jalan di sepanjang pesisir pantainya menyaksikan petani rumput laut yang sedang beraktivitas. 


Pantai Pandawa memang dijadikan sebagai tempat budidaya rumput laut. Di pantai ini Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang budidaya rumput laut yang dijalankan masyarakat sekitar sejak 1980-an. Kabarnya kini aktivitas budidaya tersebut menggandeng mitra dari negara lain seperti Denmark dan Amerika Serikat.


Selain dikenal dan dijadikan sebagai tujuan wisata pantai, Pantai Pandawa juga  digunakan sebagai lokasi upacara hindu “melasti” oleh masyarakat desa setempat. Oleh karena itu, datang pada saat upacara tersebut dapat memberikan atraksi yang lebih mengesankan.


Disarankan perlu berhati-hati apabila beraktivitas di pinggit pantai seperti berenang atau kano. Meski sudah ada penjaga pantai di tempat ini tetapi keadaan gelombang dan angin di pantai ini terkadang tidak dapat diprediksi.

Posting Komentar untuk "Mengenal Sejarah Pantai Pandawa di Bali"