Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Usaha budidaya pohon kurma di Indonesia hasilkan cuan dan Jenis kurma yang bagus dibudidayakan di Indonesia.

potensi Usaha budidaya pohon kurma di Indonesia hasilkan cuan dan berkah Jenis kurma yang bagus dibudidayakan di Indonesia.
Kurma merupakan makanan yang memiliki pangsa besar di Indonesia. Kebanyakan kurma yang beredar di pasar Indonesia berasal dari impor baik dari negara asalnya seperti Arab atau bahkan negara-negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam. Jumlah impor yang besar dari negara-negara luar dapat dipahami sebagai potensi yang bagus untuk membudidayakan kurma di dalam negeri.

Walaupun sangat jarang di Indonesia, negara Thailand maupun Vietnam sudah lebih dulu membudidayakan pohon kurma secara besar-besaran. Dan kebanyakan kurma di Indonesia berasal dari Thailand maupun Vietnam karena ongkos kirim yang lebih murah.
Kurma berasal dari negara Arab dengan cuaca ekstrem, walaupun begitu beberapa varietas/jenis kurma dapat dibudidayakan di negara tropis seperti Indonesia. 

Berikut varietas atau jenis kurma yang dapat dibudidayakan di Indonesia:
1. Kurma barhae
Keunggulan dan potensi budidaya kurma barhae di Indonesia
2. Kurma ajwa 
3. Kurma medjool
4. Kurma Tunisia
5. Kurma sukari
6 kurma Safawi
Kurma barhee dan kurma ajwa adalah kurma yang populer dibudidayakan di Indonesia. Hal ini dikarenakan and lain mudah untuk dibudidayakan kurma ini ini juga memiliki daya jual yang lumayan tinggi terutama kurma ajwa. Saya pribadi mah rekomendasikan untuk membudidaya kurma ajwa karena na kurma ini memiliki nilai jual yang tinggi dan merupakan kurma kesukaan nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Pembibitan pohon kurma
Pembibitan pohon kurma umumnya dilakukan dengan pendederan biji kurma (secara tradisional) atau dengan kultur jaringan. Perlu diketahui bahwa pohon kurma memiliki jenis jantan dan betina. Bibit betina adalah bibit yang yang bisa berbuah dan bibit pohon jantan adalah pohon yang akan membuahi pohon kurma betina. Dalam pembudidayaan pohon kurma biasanya suatu kebun akan diisi si oleh 90% lebih pohon kurma betina dikarenakan satu pohon kurma jantan dapat digunakan untuk membuahi 25 pohon kurma betina.

Pendederan biji kurma
Untuk pendirian biji kurma sangatlah mudah sebagai berikut :
1. Siapkanlah biji kurma yang ingin di dibudidayakan
2. Rendam biji kurma di air hangat selama 1 malam sebelum di ditempatkan di media tanam
3. Setelah satu malam, tempatkanlah biji kurma di media tanam berupa tanah humus yang berkualitas dan siramlah setiap hari.
4. Tunggu hingga biji kurma berkecambah, perkecambahan biji kurma relatif lambat hingga sampai 3 bulan.
4. Setelah berkecambah pindah biji kurma ke media polybag dan berilah air setiap hari

Pada umumnya pendederan biji kurma dilakukan pada skala rumahan. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa membedakan kurma jantan dan kurma betina berdasarkan bijinya dan hanya bisa mengetahui apakah jantan dan betina setelah kurma itu tumbuh besar. Oleh karena itu pembudidayaan secara skala besar atau komersial lebih sering menggunakan metode kultur jaringan dalam mendapatkan bibit kurma. 

Walaupun lebih mahal metode kultur jaringan dapat menghasilkan bibit yang sama dan seragam baik gender maupun kualitas pohon kurma.

Oleh karena itu banyak komunitas teman-teman yang menyarankan untuk membeli bibit kultur jaringan karena jaminan kalau bibit akan betina dan kualitas bibit lebih bagus
Pembibitan menggunakan kultur jaringan
Kultur jaringan merupakan metode propagasi/memperbanyak tumbuhan secara modern dengan menggunakan sel dari tumbuhan tersebut. Prinsip kerja kultur jaringan adalah dengan sebuah sel tumbuhan yang yang ditempatkan pada media yang steril dan dan kebutuhan zat hara tercukupi, sel tumbuhan tersebut dapat menjadi tumbuhan baru. Pembuatan benih menggunakan kultur jaringan umumnya digunakan untuk budidaya skala besar.

Untuk memahami tentang kultur jaringan saya rekomendasikan artikel berikut : cara melakukan kultur jaringan di rumah dan modal yang dibutuhkan 

Perawatan pohon kurma
Setelah pohon kurma cukup besar dengan ukuran sekitar 10 cm, pohon kurma dapat dipindahkan kan lahan seperti pekarangan rumah atau kebun. Atau bisa juga dipindahkan ke dalam pot yang berukuran besar.

 Pindahkanlah bibit kurma pada pagi atau sore hari untuk menghindari stres pada bibit.
Seperti pohon lainnya, pohon kurma membutuhkan pengairan dan pemupukan. Untuk pengairan dan penyiraman pohon kurma, pengairan dapat dilakukan pada pagi atau sore hari. Jangan lakukan penyiraman pada siang hari dikarenakan akan menyebabkan kan daun nya terbakar. Untuk 1-6 bulan pertama, bibit pohon kurma membutuhkan pengairan 2 hari sekali.

Untuk umur 7 -12 bulan, pohon kurma untuk pengairan 5 hari sekali. Dan setelah 1 tahun pohon kurma bisa disiram seminggu sekali.
Untuk pemupukan pohon kurma membutuhkan pupuk NPK dua minggu setelah dipindahkan pekarangan rumah atau kebun dan setelah itu setiap 4 bulan sekali.

Pengawinan pohon kurma
Pohon kurma siap untuk dikawinkan dan berbuah pada saat sudah berbunga. Umumnya pohon kurma di Indonesia mulai berbunga pada usia 3 sampai 4 tahun, namun banyak juga mohon teman-teman yang sudah berbunga pada umur setahun setengah atau 2 tahun dikarenakan perawatan yang intensif.
Kita dapat membedakan jenis kelamin pohon dari bunganya yaitu :
Untuk bunga pohon jantan berwarna keputih-putihan, berukuran kecil dan dilapisi serbuk putih.
Untuk bunga pohon betina memiliki warna kuning yang cerah seperti bunga pohon kelapa.
Ketika pohon kurma sudah berbunga biasanya proses penyerbukan atau pengawinan pohon kurma jantan dan betina dibantu oleh serangga seperti lebah atau serbuk sari akan terbang ditiup angin.

Namun untuk memastikan proses perkawinan terjadi secara sempurna kita dapat membantu dengan cara sebagai berikut:
1. Potong kulit Mayang atau bunga pada pohon kurma jantan
2. Tempel-tempel kan bunga pada pohon kurma ke bunga pada pohon kurma betina
Setelah beberapa saat bunga kurma pada pohon kurma betina akan menjadi kurma berwarna hijau muda. Setelah buah kurma muncul bungkuslah buah dengan plastik atau kertas agar tidak diserang oleh hama dan buah terjaga.

Cara pemanenan pohon kurma
Kamu bisa memanen buah kurma 5 minggu setelah pembuahan atau proses penyerbukan. Saat panen kurma cenderung berwarna kuning matang atau kehitam-hitaman untuk kurma jenis ajwa. Untuk memanen buah buah dari pohon kurma kamu harus memotong tunas janjang buah hingga pangkal agar pohon bisa berbuah kembali.
Buah kurma yang dipanen bisa dijual di pasar atau dikonsumsi pribadi. 

Sekian artikel mengenai budidaya kurma. Adapun pertanyaan yang sering ditanyakan oleh teman-teman sebagai berikut

Berapa lama pohon kurma bisa berbuah? 
Untuk berbuah pohon kurma membutuhkan umur 3 sampai 4 tahun. Namun dengan perawatan dan pemupukan intensif pohon kurma dapat berbuah satu setengah sampai 2 tahun saja. Meskipun begitu buah yang dihasilkan cenderung kurang maksimal karena ukuran pohon yang masih kecil

Mengapa pohon kurma saya tidak bisa tumbuh di Indonesia?
Pohon kurma membutuhkan pohon jantan dan betina agar bisa berbuah. Selain itu kurma juga membutuhkan nutrisi yang cukup dan pengairan yang cukup. Jika sudah ada pohon jantan dan betina dan juga pemberian pupuk dan air juga terjaga, bisa jadi memang bibitnya yang bermasalah. Oleh sebab itu saya rekomendasikan untuk membeli bibit hasil kultur jaringan an ditempat-tempat terpercaya.

Apakah pohon kurma dapat berbuah sepanjang tahun?
Ya, pohon kurma dapat berbuah sepanjang tahun di Indonesia titik rata-rata dalam satu tahun pohon kurma dapat menghasilkan 12-15 tandan.
Berapa jarak tanam pohon kurma ? 
Referensi orang untuk jarak tanam pohon kurma umumnya berbeda-beda. Namun rata-rata kebanyakan menggunakan jarak tanam 4 * 4 atau 5 * 5 tergantung kepadatan pengukur ma yang diinginkan. Jarak tanam merupakan hal penting agar pohon kurma tidak berebut nutrisi, air, dan sinar matahari

Apakah kurma harus dikawinkan?
Perkawinan untuk pohon kurma tidaklah wajib dikarenakan ada penyerbukan alami yaitu perkawinan yang dibantu oleh angin atau serangga seperti lebah atau kupu-kupu. Namun perkawinan secara manual dianggap bagus untuk dapat memastikan bahwa pohon sudah dikawini sehingga yakin pasti berbuah.

Posting Komentar untuk "Cara Usaha budidaya pohon kurma di Indonesia hasilkan cuan dan Jenis kurma yang bagus dibudidayakan di Indonesia."