Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Tiongkok 'Alergi' kedaerahan Orang Islam Uighur?

Mengapa-Tiongkok-'Alergi'-kedaerahan-Orang-Islam-Uighur?

1. mengapa tiongkok alergi rasial mukmin Uighur?

tiongkok serupa alergi pada rasial mukmin Uighur sampai menghasilkan peraturan yang represif serta kurang ajar. dalihnya bervariasi, mulai dari berharap kurangi revolusionerme sampai perkiraan kecemasan hendak separatisme.

sumber rivalitas Xinjiang berpokok karna tiongkok yang berharap mengatur area sepanjang   masa ke-20, seperti itu diambil New York Mag.

Di masa Mao Zedhong, tiongkok halangi keleluasaan rasam serta agama Uighur, sekalian mendesak evakuasi massal orang-orang Han ke tempat yang diketahui selaku teritori independensi Uighur Xinjiang dari tahun 1950-an sampai 1970-an.

rasial Han di Xinjiang menjangkau 42 persen, sedangkan Uighur 45 persen. sepanjang satu sepuluh tahun terakhir, dekat 2 juta rasial Han  mengimbit ke area itu.

tahap itu dituturkan selaku usaha Sinicization, yang bermaksud mengencerkan watak rasial serta agama di Xinjiang serta menggagalkan aktivitas ataupun golongan separatisme.

kalangan separatis Uighur di Xinjiang mendapatkan sokongan dari Uni Soviet sepanjang Perang Dingin, selaku kompetisi dengan tiongkok di area Asia.

 kegiatan Islamisme Uighur

Pascaperang Dingin, separatis Uighur menaikkan aktivitas islamismenya. kalangan revolusioner Islam yang ditatanan pada 1989, Partai Islam Turkic (imbalan) berikhtiar menggelindingkan penguasaan tiongkok di Uighur serta merombaknya dengan mendirikan negeri Islam.

imbalan mulai diketahui kala rivalitas Kotaparaja Baren berkecamuk pada April 1990. kali itu, golongan wajib militer ini bentrok dengan polisi serta pahlawan tiongkok.

insiden itu sering ditafsirkan selaku percikan api yang mencetuskan rivalitas di Xinjiang.

imbalan mendirikan barak di Afghanistan pada 1990-an serta menjalakan ikatan dengan angkatan laut (AL) Qaeda dan golongan jihad lain: Turkestan Timur, yang jadi salah satu front dalam aktivitas jihad garis besar.

Koneksi jihadis ini mengizinkan tiongkok mengamati kemauan kedaulatan di pihak Uighur selaku kerawanan teroris yang semacam dengan yang ditimbulkan Al Qaeda serta ISIS.

selaku salah satu usaha tiongkok mencukur aktivitas imbalan serta golongan drastisis lain, mereka sudi penanaman modal di Afghanistan guna menghindari mendirikan stasiun hangat.  kegiatan terorisme separatis Uighur semenjak 1990-an membuat tiongkok resah

2. Ulah Terorisme Separatie Uighur Bikin tiongkok panas

semenjak 1990, separatis Uighur dituturkan mengerjakan aksi teroris serupa teratur mengebom bis, mengerjakan gempuran dengan pisau, di Xinjiang dan area lain di tiongkok. Beijing selalu menyetarafkan pemikiran ekstrem itu dengan Islam pada kebanyakan

seterusnya pada 2013, sehabis Xi Jinping jadi kepala negara tiongkok, penguasa mulai menangani lebih agresif golongan separatis terhitung Uighur serta minoritas mukmin lain di Negeri kelambu Bambu.

Xi menitikberatkan kampanye melawan separatis, serta aksi ia pada rasial Uighur merabung dalam separuh tahun belum lama.

Pada 2018 kemudian, Human Rights Watch mengeluarkan informasi yang berbobot pengurungan sewenang-wenang tiongkok pada satu juta rasial Uighur. berasas kenyataan masyarakat, pemerintah Beijing, sampai-sampai  mengerjakan pengurungan sejak 2014.

tiongkok pula dituturkan mengerjakan pelanggaran hak fundamental individu (HAM) dengan menindas ataupun memperkosa rasial Uighur.

akan tetapi, tiongkok menolak tudingan itu. Mereka mengklaim pengurungan itu selaku bentuk penataran pembibitan serta usaha mereduksi mengerti ekstremisme.

tiongkok yang seolah-olah resah dengan mengerti ekstremisme serta barangkali selaku usaha memelihara stamina negerinya, mengimplementasikan pula sebaris peraturan kurang ajar pada mukmin Uighur.

peraturan itu di antara lain mencegah berpantang kala Ramaserta buat PNS, mentor serta mahasiswi, dan para purnawirawan, seperti diambil dari NYMAG. Mereka pula mencegah berikan sapaan anak dengan Muhammad.

tidak hanya itu, China mencegah rasial Uighur berhijab, berjanggut, masuk musala buat beberapa mukmin, mengharuskan mereka mengonsumsi daging babi, minum alkohol, memantau sepanjang periode biar mereka tidak  serta menumbangkan 1.500 musala.

tentang hal peraturan kurang ajar lain adalah, mengimplementasikan operasi mendesak di Xinjiang, mencegah berbicara dengan keluarga, memohon negara lain mendeportasi badan rasial Uighur yang lenyap, dan merapikan kelahiran, mengharuskan pengguguran,  dan mencukur rata-rata kelahiran.

Posting Komentar untuk "Mengapa Tiongkok 'Alergi' kedaerahan Orang Islam Uighur?"