Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Aplikasi Bahasa Daerah di Smartphone Android

cara membuat aplikasi bahasa daerah di android

Indonesia memiliki beraneka ragam bahasa daerah. Kamus merupakan salah satu media penting untuk mengenalkan bahasa dan mengetahui arti kedalam bahasa tertentu. Penggunaan kamus bahasa daerah biasanya tersedia dalam satu bahasa terjemahan. Jarang ditemui kamus bahasa daerah yang multi bahasa. Bagaimana pengguna dapat menterjemahkan bahasa daerah satu ke bahasa daerah yang lain atau ke bahasa nasional bahkan internasional. Disamping itu teknologi smartphone mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam penggunaan media komunikasi saat ini. Perancangan aplikasi kamus aneka bahasa daerah berbasis sistem operasi android memungkinkan sebagai media alternatif untuk menterjemahkan berbagai aneka bahasa daerah. Selain itu ikut mendukung pelestarian bahasa daerah di Indonesia. Pengujian dilakukan dengan mendaftarkan 50 kosa kata dari masing-masing bahasa daerah ke dalam basis data SQLite. Hasil pengujian yang dilakukan terhadap akses waktu query dengan 5 kali percobaan menunjukkan bahwa aplikasi kamus aneka bahasa dapat berfungsi dengan baik. 

Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat berpengaruh dan penting bagi manusia. Komunikasi akan menjadi efektif terjadi bila saling mengerti apa yang sedang dibicarakan dengan lawan bicaranya. Kamus merupakan salah satu media pengenal kosa kata yang  memudahkan  pengguna  dalam  mengartikan  sebuah  kata  dalam  bahasa tertentu. Indonesia memiliki beraneka ragam bahasa, namun sangat minim sekali media yang menarik dan memotivasi untuk mempelajari kosa kata bahasa baik cetak maupun elektronik.


Penggunaan bahasa daerah telah mengalami penurunan penggunaan dalam bahasa komunikasi keseharian. Hal ini terlihat dari kebiasaan generasi muda yang lebih suka berkomunikasi dengan bahasa gaul atau alay dari pada bahasa daerah yang mereka gunakan. Melestarikan bahasa daerah dirasa perlu ditengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Media kamus dapat menjadi solusi untuk mengenalkan beragam bahasa daerah yang ada di Indonesia. 


Teknologi smartphone dengan sistem operasi android menawarkan berbagai fitur layanan aplikasi yang sangat banyak di Google Play Store. Aplikasi yang terdapat pada play store memungkinkan pengguna untuk menginstall berbagai aplikasi yang dibutuhkan pengguna.


Fitur-fitur yang disediakan menampilkan beberapa aplikasi untuk memenuhi kebutuhan dan daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. Penelitian terhadap pengembangan aplikasi kamus mobile yang berfokus pada smartphone android diantaranya Aplikasi Mobile Kamus Bahasa Indonesia, Aplikasi Kamus Sunda, Aplikasi Kamus Bahasa Indonesia-Jawa-Jawa karma, Kamus Nusantara, terdiri dari empat bahasa Jawa, Sunda, Banjar dan Minang tersedia di Google Play Store, dan masih banyak yang lainnya. 


Aplikasi ini mengambil sampel lima bahasa daerah yang terdiri dari bahasa Melayu, Minang, Jawa, Sunda dan Batak serta bahasa Indonesia dan Inggris. Pengambilan sampel sebanyak 50 kata dari tiap masing-masing bahasa daerah sehingga didapat 350 sampel bahasa dalam basis data. 



Pengguna dapat memilih kata tertentu dari menu pilih bahasa untuk menterjemahkan bahasa daerah, nasional atau internasional. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia dan bahasa internasional adalah bahasa inggris. Setelah mendapatkan parameter tersebut sistem akan mencari arti dari kosa kata yang dimasukkan pengguna, berdasarkan kosakata yang tersimpan di dalam basisdata. Kemudian menterjemahkan arti dari kata tersebut dan aplikasi akan menampilkan hasil terjemahan tersebut kepada pengguna. Selain untuk menterjemahkan bahasa, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk memperkaya atau mengoreksi kosa kata yang tersimpan di basis data.

Analisis kebutuhan sistem smartphone yang digunakan dari perangkat keras dan perangkat lunak minimal didefinisikan dalam tabel berikut:



Minimal spesifikasi yang dibutuhkan adalah android 2.3 Gingerbread. Versi ini merupakan pengguna terbesar dan tergolong cukup lama hadir dengan awal rilis pada Desember 2010. Perancangan dalam kamus aneka bahasa daerah dapat melakukan fungsi menambahkan atau memasukkan kosa kata, menterjemahkan kata, mengubah arti kata dan melihat bantuan sebagai petunjuk aplikasi. 



Basis data menggunakan SQLite yang merupakan satu keunggulan dari kelengkapan sistem android, sudah mendukung dasar sql language. SQLite bersifat embedded database memudahkan pengembang aplikasi android. Keunggulan dari SQLite memiliki kompatibilitas yang tinggi, mudah diaplikasikan pada aneka platform, tidak membutuhkan proses server tersendiri untuk mengakses data dan telah mendukung standar sintak sql Data Definition Language (DDL) dan Data Manipulation Language (DML).


Analisis kelas dibagi menjadi 3 bagian. Kelas boundary, kelas controller dan kelas entity. Kelas Boundary terdiri dari GUI_Terjemahan; untuk menampilkan layar proses penterjemahan serta input data dan GUI_Bantuan; untuk menampilkan penggunaan aplikasi. Kelas controller terdiri dari Terjemahkan; untuk menterjemahkan arti kosa kata dari bahasa yang ditentukan sebelumnya, Pengelolaan; untuk melakukan penambahan dan mengoreksi kosa kata dan Tampil_Bantuan; untuk menampilkan form bantuan aplikasi. Sedang kelas entity terdiri Tkamus; untuk menampung kosa kata yang dimasukkan.

Implementasi antarmuka kamus aneka bahasa daerah terbagi menjadi dua form terjemah dan bantuan. Form terjemah menampilkan beberapa tombol (button) dan textbox kosa kata. Tombol button terdiri dari bahasa asal, bahasa tujuan, ubah bahasa, tombol terjemah, simpan, keluar dan bantuan. Textbox terdiri dari textbox kata asal dan textbox kata terjemah. Form bantuan menampilkan informasi bantuan bagaimana cara menggunakan aplikasi kamus.



Skenario pengujian dilakukan untuk menguji aplikasi yang telah dibuat. Skenario pengujian dapat dilihat pada gambar berikut:


Pengujian tersebut dilakukan dengan menguji dengan meng-compile program agar dapat berjalan dalam emulator dan mem-package aplikasi dalam bentuk file .apk untuk diinstallkan pada smartphone. Smartphone android yang digunakan versi 4.2 Jelly Bean. Selain itu pengujian dilakukan dengan mendaftarkan 50 kosa kata masing-masing bahasa daerah, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada smartphone yang digunakan. Hasil yang didapatkan aplikasi kamus aneka bahasa dapat berjalan dengan baik. 


Aplikasi kamus aneka bahasa yang telah dibangun dapat dijalankan pada smartphone android dengan mampu melakukan fungsi menterjemahkan kosa kata, dapat melakukan fungsi simpan dan edit yang digunakan untuk memperkaya kosa kata tersebut.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Aplikasi Bahasa Daerah di Smartphone Android"