Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Hidup Sehat dan Bugar? Berikut ini Tips nya

cara hidup sehat dan bugar

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang setelah olahraga. Serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak, Olahraga adalah kesibukan yang benar-benar utama untuk menjaga Kesehatan seseorang. 

Olahraga juga adalah satu diantara cara utama untuk mengurangi stress, Olahraga juga adalah satu tingkah laku aktif yang menggiatkan metabolisme serta memengaruhi manfaat kelenjar didalam badan untuk menghasilkan system kekebalan badan dalam usaha menjaga badan dari masalah penyakit dan stress. 


Tiada hidup tanpa gerak dan apa guna hidup bila tak mampu bergerak. Memelihara gerak adalah mempertahankan hidup, meningkatkan kemampuan gerak adalah meningkatkan kualitas hidup. Semakin sering kita melakukan olahraga, maka akan semakinsehat pula tubuh kita. Selain itu juga dapat membuat tubuh kita tidak mudah terserang berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Tapi karena kesibukandan rasa malas membuat olahraga lebih sering terabaikan dan bahkan terlupakan. 


Dalam kehidupan modern saat ini banyak orang yang melupakan pentingnya olahraga untuk tubuh. Padahal olahraga merupakan cara untuk sehat yang paling murah dengan hasil yang mengagumkan untuk kebugaran badan. Selain itu olahraga dapat dilaksanakan kapanpun dan dimanapun kita suka melakukannya baik siang maupun malam sesuai keinginan. Kita sendirilah yang harus bertanggungjawab atas Kesehatan kita.Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan. Kita sendirilah yang harus bertanggungjawab atas kesehatan kita. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan.Salah satu cara menjaga kesehatan ialah dengan berolahraga secara teratur.


Sebuah penelitian yang dipublikasikan The Lancet memperkirakan bahwa sebanyak 5.3 juta kematian di seluruh dunia disebabkan oleh gaya hidup kurang gerak. Sebagai perbandingan, angka kematian yang disebabkan oleh merokok diperkirakan sebanyak 5 juta setiap tahunnya,ini tentu memperlihatkan bahwa dampak kurang gerak dan merokok sama-sama buruk bagi kesehatan. Badan Kesehatan Dunia, WHO, menempatkan gaya hidup kurang gerak dalam peringkat ke-4 sebagai risiko penyakit kronis setelah tekanan darah tinggi, penggunaan tembakau, dan kolesterol tinggi. 


Menjaga kesehatan tubuh tentunya sangat memiliki peranan yang penting dalam keberlangsungan kehidupan manusia. Pasalnya dengan memiliki kesehatan yang terjaga, tentunya kita akan terhindar dari berbagai penyakit sehingga dapat menjalankan berbagai aktifitas secara normal. Tiada hidup tanpa gerak dan apa guna hidup bila tak mampu bergerak. Memelihara gerak adalah mempertahankan hidup, meningkatkan kemampuan gerak adalah meningkatkan kualitas hidup. Oleh karena itu, bergeraklah untuk lebih hidup, jangan hanya bergerak karena masih hidup. 


Manfaat olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, namun sekaligus meningkatkan kesehatan jiwa. Para ilmuwan telah banyak meneliti manfaat olahraga bagi fungsi otak 

1. Pernafasan. 

2. Mempercepat sistem pencernaan dan membantu menyingkirkan masalah pencernaan. 

3. Menetralkan depresi. 

4. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif. 

5. Membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan. 

6. Dapat membantu mengatasi masalah dengan selera makan. 

7. Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung. 

8. Membuat tidur lebih nyenyak 


Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga yang harus dijaga agar kita dapat terus bertahan hidup di dunia ini. Kesehatan sangatlah penting, karena kesehatan itu tidak dapat dibeli dengan uang. Kita sendirilah yang harus bertanggungjawab atas kesehatan kita. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan. Salah satu cara menjaga kesehatan ialah dengan berolahraga secara teratur. 


Selain olahraga, pola hidup juga dapat mempengaruhi kesehatan. Walaupun olahraga itu penting, tetapi masih banyak orang yang belum menyadarinya. Banyak penyakit yang bersumber dari pola hidup yang salah, seperti kurang bergerak dan berolahraga, serta kurang istirahat dan lupa makan. Orang-orang beralasan, mereka terlalu sibuk untuk berolahraga. Padahal olahraga sangat dibutuhkan. Olahraga juga dapat menghilangkan stres. Yoga misalnya, olahraga ini dapat menimbulkan ketenangan batin. Karena itulah, dalam makalah ini akan dituliskan betapa pentingnya berolahraga, agar masyarakat sadar dan merubah pola hidupnya. 


Zaman yang modern ini, orang terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan lupa atau terlalu lelah untuk berolahraga. Padahal, olahraga itu sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh kita. Di saat sehat, hal ini memang tidak terasa, tetapi jika sudah terserang penyakit, barulah kita menyadari pentingnya olahraga, manfaat olahraga di antaranya adalah melancarkan peredaran darah, mengurangi resiko darah tinggi dan obesitas, serta membakar lemak dan kalori. 


Banyak orang yang terkena depresi atau sakit hatinya memakai obat penenang sebagai jalan keluar. Sekarang jalan menuju kebahagian secaraalami dapat diraih dengan menggerakkan tubuh secara rutin. Sebuah survey di Inggris melaporkan 83% penderita depresi bergantung pada aktifitas olahraga dalam memperbaiki perasaan hati dan mengurangi kecemasan. 


Berolahraga selama 16 minggu secara rutin padaorang yang memiliki kadar depresi yang sedang mendapatkan efek bahagia.Penelitian di Universitas Duke membuktikan bahwa 60% penderitadepresi yang menjalani olahraga 30 menit tiga kali seminggu selama enam bulan dapat melawan penderitaan tanpa harus menggunakan obat dokter. Namun bagi penderita depresi yang berat tentu tidak bisa begitu saja lepas dariobat-obatan. Hanya saja banyak dokter sekarang yang memasukkan kegiatan olahraga dalam resep pengobatan mereka disamping obat penenang medis. 


Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan fungsional jasmani, rohani dan sosial. Struktur anatomis-anthropometris dan fungsi fisiologisnya, stabilitas emosional dan kecerdasan intelektualnya maupun kemampuannya bersosialisasi dengan lingkungannya nyata lebih unggul khususnya pada generasi muda yang aktif mengikuti kegiatan Olahraga dari pada yang tidak aktif mengikutinya.Sesibuk apapun seseorang, dia harus tetap menjaga kesehatannya. Karena kesehatan itu sangat penting sekali. Baik bagi yang tua maupun muda, baik yang sakit maupun sehat. Olahraga juga bisa mencegah dan mengurangi penyakit. Contohnya ialah penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Posting Komentar untuk "Ingin Hidup Sehat dan Bugar? Berikut ini Tips nya"