Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Perawatan Wajah yang Baik dan Terbukti Berhasil


Berdasarkan pengetahuan mengenai kosmetologi, kita dapat merawat kulit wajah dengan sebaik-baiknya. Lakukan persiapan merawat wajah agar hasil yang diharapkan maksimal. Persiapan sebelum merawat kulit wajah meliputi : 


1. Ikat rambut atau tutup kepala dengan penutup kepala atau juga dengan bando dari handuk. 

2. Cuci tangan sebelum dan setelah merawat kulit wajah. Siapkan peralatan yang dibutuhkan. 


Kosmetik untuk Perawatan Kulit 


Kemajuan di bidang kosmetik telah banyak menghasilkan berbagai produk kosmetik untuk perawatan tubuh atau kulit, baik yang bersifat tradisional maupun modern. 


Berbagai kekurangan pada bentuk tubuh kita dapat terjadi karena kebiasaan yang tidak baik misalnya makan yang berlebihan. Oleh karena itu kita harus memperhatikan makanan dengan mengatur menu agar terhindar dari kegemukan atau terlalu kurus.


Mandi untuk kebersihan, kesehatan dan kesegaran badan, sangat utama dalam hal perawatan badan. Untuk mendapatkan kulit yang halus tidak hanya cukup dengan menggunakan sabun, agar dapat menjaga kelembaban kulit dan agar tetap mulus, banyak diproduksi berbagai cream dan minyak untuk perawatan tubuh.


Berbagai produk kosmetik untuk perawatan badan dan wajah baik secara modern maupun tradisional antara lain :


1. Skin lotion untuk kulit normal hingga kering, dan untuk kulit normal hingga berminyak gunakan milky lotion. Lotion ini merupakan moisturizer(pelembab ringan) untuk menjaga kehalusan dan kelembutan kulit. Dapat digunakan sepanjang hari dan sebagai fondation.


2. Face cream/Day cream/Face sun block cream (moisturizer) yaitu krim pelembab yang berfungsi untuk menjaga kelembaban,  kehalusan,  kelenturan  dan kelembutan kulit wajah. Fleksibilitas lapisan kulit luar sangat tergantung pada moisturizer. Krim ini dapat digunakan sepanjang hari sebagai fondation untuk melindungi dan mencegah kulit kering dan berkerut karena sengatan matahari. Krim ini juga dapat mencegah menguapnya air dari permukaan kulit.


3. Night cream/Night support/Nourishing cream, yaitu pelembab untuk perawatan wajah pada malam hari. Krim ini kandungan lemaknya lebih banyak dan berfungsi sebagai pelicin dan membantu menahan persediaan air. 


4. Body lotion/Soft body silkener/Hand body lotion, yaitu lotion pelembab untuk melembutkan dan menghaluskan kulit tubuh dan tangan.


5. Sun block lotion, yaitu lotion untuk mengatasi sengatan sinar matahari. Terlalu lama terkena terik matahari, akan mengakibatkan warna kulit berubah suram kecoklatan, kulit menjadi kering dan mempercepat penuaan kulit.


6. Hand cream yaitu krim pelembab khusus untuk tangan dan jari-jari tangan yang berfungsi untuk melembabkan, melemaskan dan melindungi tangan terutama dari bahan-bahan atau obat pencuci yang bisa menyebabkan tangan menjadi kasar.


7. Feet cream/Fancy feet action cream, yang berfungsi untuk melembutkan dan menghaluskan bagian kaki yang kasar, seperti tumit, telapak kaki dan sela jari-jari kaki. 


8. Lip  gloss/Lip  sheener,  yaitu  pelembab  yang  berfungsi  untuk  menjaga kelembutan bibir dan memberi kesan menyegarkan. 


9. Lip balm yaitu pelembab yang berfungsi untuk mencegah pecah-pecah dan terkelupasnya kulit bibir. 


10. Minyak cendana mengandung minyak sulingan kulit cendana. Minyak ini berkhasiat menghangatkan  badan  untuk  merangsang  peredaran  darah, merawat kulit dan membuat badan harum, lembut serta untuk mencegah kulit kering. Minyak ini dapat juga digunakan dalam pemijatan badan, punggung, tangan dan kaki. 


11. Minyak zaitun dari buah zaitun yang berisi zat pelemas kulit. khasiatnya dapat melemaskan kulit dan meremajakan kulit terutama kulit kering dan kasar. Dapat juga digunakan untuk merawat kaki, tangan dan untuk pemijatan. 


Tujuan Perawatan 


Sudah hukum alam jika setiap pertambahan usia membawa konsekuensi penurunan kualitas tubuh. Kulit wajah yang saat muda dulu halus dan kencang, semakin bertambah usia, tanda-tanda penuaan seperti kerut, keriput, garis halus dan flek hitam mulai muncul. Proses penuaan pada kulit terjadi karena kulit tidak dapat lagi menghasilkan banyak kolagen dan elastin, yang fungsinya untuk mengencangkan dan mengenyalkan kulit. Penurunan produksi kolagen dan elastin dialami oleh orang-orang yang berusia di atas 30 tahun, karena itu semakin tua kulit,  semakin  menipis  dan  kering.  Banyak  cara  dapat  dilakukan  untuk memperlambat proses penuaan dan tetap awet muda, salah satunya dengan melakukan perawatan wajah sejak dini secara rutin. 


Perawatan wajah sebaiknya dilakukan sesuai dengan kondisi kulit. Dewasa ini sudah banyak produk kosmetik perawatan kulit wajah yang sesuai dengan jenis kulit, mulai yang tradisional sampai modern yang kesemuanya memberikan solusi untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit. Seiring dengan gerakan kembali ke alam, tidak sedikit yang menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kecantikan. Perawatan kulit wajah pada umumnya memiliki tujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan dan fungsi kulit serta memperindah wujud luar kulit yakni agar kulit wajah terasa nyaman, lembut, bersih, putih, halus, lembab berembun dan bersinar. 


Perawatan wajah yang dilakukan secara rutin memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut : kulit wajah bersih, meningkatkan dan memperlancar sirkulasi darah pada bagian wajah, mendorong kegiatan susunan kelenjar, mengendorkan urat-urat syaraf, memelihara bentuk otot, memperkuat jaringan urat yang lemah, mencegah timbulnya gangguan atau penyakit kulit, mencegah timbulnya keriput, menyempurnakan kulit muka dan awet muda.


Diagnosis Kulit Muka 


Perawatan wajah, dapat dilakukan melalui beberapa fase perawatan. Sebelum dilakukan perawatan wajah, sebaiknya dilakukan diagnosis kulit muka.


Diagnosis kulit muka dilakukan setelah melakukan tahap pembersihan wajah. Diagnosis kulit muka perlu dilakukan dengan tujuan : 


1. Menentukan jenis kulit muka, 

2. Mengetahui berbagai kelainan pada kulit muka, 

3. Menentukan tindakan perawatan atau pengobatan, 

4. Memilih kosmetik perawatan yang sesuai dengan jenis kulit muka


Penentuan diagnosis kulit muka mencakup aspek-aspek sebagai berikut : 

1. Jenis kulit. Jenis kulit dikelompokkan menjadi jenis kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, dan kulit kombinasi atau campuran. 


2. Tonus dan Turgor. Penentuan tonus dan turgor dilakukan dengan cara mencubit kulit pipi (turgor) dan menekan kulit pipi di bawah tulang pipi (tonus) apakah tergolong: kendor atau kuat. 


3. Pori-pori. Kelihatan atau tidak tergantung jenis kulit. Kulit kering biasanya pori-porinya tidak kelihatan, berbeda dengan jenis kulit berminyak yang pori-porinya cenderung besar. Adanya sumbatan dalam kandung rambut dapat melebarkan pori-pori. 


4. Lipatan dan garis-garis kulit. Pada kulit muka atau leher hampir senantiasa terjadi pembentukan lipatan dan garis-garis kulit berupa kerutan biasanya di bagian sekitar mata, antar alis, lipatan hidung dan bagian bibir (smile-line) dan kerutan karena usia yang terjadi pada bagian kening, leher dan sekitar mulut. 


5. Kelainan kulit. Kelainan kulit yang umum terjadi yaitu (a) Kelainan kulit karena gangguan pigmentasi seperti chloasma dan tahi lalat, vitiligo, panau, kurap, bercak merah; (b) Kelainan kulit karena gangguan fungsi kelenjar minyak seperti radang, jerawat, komedo dan akne; (c) Kelainan kulit karena gangguan pertandukan kulit atau keratinisasi seperti hyperkeratinisasi (kekolotan), kulit bersisik, kapalan, katimumul dan kulit merah bersisik; (d) Kelainan kulit karena penuaan dini; (e) Kelainan kulit karena infeksi jamur seperti dermatofitosis, serta (f) Kelainan kulit karena gangguan peredaran darah.

Posting Komentar untuk "Tips Perawatan Wajah yang Baik dan Terbukti Berhasil"