Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Seru di Pasar Seni Sukawati Bali


Pasar seni sukowati adalah pasar seni yang sangat terkenal sampai ke penjuru indonesia dan dunia. Lokasi Pasar seni Sukawati terdapat di Desa Sukawati Kabupaten Gianyar. Jarak dari airport Denpasar sekitar tiga puluh kilometer. Pasar seni sukawati sangat terkenal karena Interaksi Lintas Budaya dalam Proses Eliminasi Radikalisme Keagamaan.


Menjual pakaian dan kerajinan tradisional khas Bali dengan harga yang sangat murah. Pakaian seperti Batik yang berciri khas Batik ornamen Bali,mukena bali termurah di pasar seni Sukawati. Selain itu juga banyak dijual pakaian baik celanan maupun baju, yang dapat anda gunakan di pantai dan harganya pun sangat murah dibandingkan dengan tempat lain.


Semua barang yang ditawarkan disini, dapat anda tawar jadi tawarlah sebelum membeli karna harga di pasar ini biasanya akan naik jika melihat pembeli yang datang dari luar pulau bali jadi tawarlah maka harga akan kembali bersahabat bersama anda. 


Untuk jam buka pasar seni sukowati bali sekitar 

Art Market: 10:00 - 17:00 

Local Market: 8:00 - 15:00 


Jika anda datang ke pasar seni sukawati bali, anda bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Desa Celuk untuk melihat kerajinan Perak khas Bali. Jarak antara desa Sukawati Dengan Desa Celuk hanya terpisah 5 kilometer.


Kini ada tiga pasar seni sukowati, yakni pasar sukowati 1, 2 dan 3. Namun pasar sukowati 1 lebih sering dikunjungi karena lebih lama berdiri. Jika anda ingin melanjutkan belanja ke pasar sukowati 2 dan 3, anda tidak perlu khawatir karena ketiga lokasi pasar tersebut berdekatan. 


Pasar seni Sukawati menyediakan berbagai jenis barang mulai dari pakaian hingga barang kerajinan. Namun barang kerajinan lebih mendominasi pasar ini. Untuk pakaian, anda bisa menemukan berbagai jenis pakaian, mulai dari pakaian formal hingga pakaian ke pantai. Selain menyediakan barang-barang seni, berbelanja di pasar sukowati juga membutuhkan seni.


Tips Berbelanja di Pasar Sukowati


1. Berbelanjalah ketika pasar baru buka 


Dalam kepercayaan Bali, ketika toko baru buka dan ada pembeli, maka uang yang pertama kali mereka peroleh akan membawa rezeki. Sehingga ketika anda berbelanja pada saat toko baru buka, anda akan lebih mudah untuk menawar dengan harga yang sangat miring.


2. Berusahalah akrab dengan penjual 


Kedekatan itu mempengaruhi banyak hal, termasuk dalam berbelanja. Meskipun kita tak mengenal penjual, kita tetap bisa tetap dekat dengan  mereka.  Caranya  dengan  memanggil  mereka “mbok”  untuk perempuan dan “bli” untuk laki-laki. Dengan panggilan akrab ini anda bisa mendapatkan  barang  impian  anda  dengan  harga  lokal  bukan  harga wisatawan. Menyenangkan bukan.


3. Survei Harga 


Jika ingin mendapatkan harga murah, anda harus rela untuk lelah. Tidak hanya lelah menawar, tapi anda juga harus rela lelah berkeliling. Tujuannya, selain melihat barang-barag di berbagai sudut pasar, anda juga bisa survei harga. Hal ini perlu untuk refrensi menawar dan mendapatkan harga murah. Namun usahakan jangan dulu terjadi kesepakatan harga. Karena jika sudah terjadi kesepakatan harga dan anda tidak membeli, akan mengecewakan penjual. Ingat, Bali masih kental dengan mitosnya. Jadi anda perlu untuk menjaga etika anda, termasuk etika berbelanja.


4. Tawar dengan Gila-Gilaan 


Anda sudah mendapatkan referensi harga bukan? Kini saatnya bagi anda untuk mulai menawar. Jangan ragu untuk menawar hingga ke seperempat harga yang diajukan penjual. Selain kemampuan negosiasi yang baik, dalam proses tawar-menawar ini anda juga harus tega. Jika anda  beruntung,  anda  bisa  mendapatkan  barang  impian  anda  hanya dengan sepersepuluh harga yang diajukan. Asik bukan.


5. Borongan


Jika anda tidak berhasil menawar dalam bentuk satuan, belanja borongan bisa menjadi pilihan anda. Jika kebetulan anda berbelanja dengan teman atau harus membawa oleh-oleh untuk banyak orang,  belanja borongan bisa menjadi pilihan anda. Dengan belanja borongan, kemungkinan untuk mendapatkan barang dengan harga lebih murah akan semakin besar. Anda tinggal janjian dengan teman membeli barang apa yang sama, dan tawarlah dengan kuantitas barang yang anda beli. Misalnya jika satu kaos harganya 50.000, anda bisa menawar tiga kaos dengan harga 75.000.


Demikianlah sekilas tentang pasar sukawati dan beberapa tips yang semoga bisa membantu anda ketika berbelanja di sana. Selamat berbelanja… 

Posting Komentar untuk "Wisata Seru di Pasar Seni Sukawati Bali"