Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akibat Tagihan Pinjaman Online (Pinjol) sebesar Rp 12 Juta Seorang Ibu di Depok Bunuh Diri


Ibu dua anak berinisial JB (44), di Cinere, Kota Depok, ditemukan melakukan bunuh diri diduga stres akibat tagihan pinjaman online (pinjol) ilegal.


Kapolsek Cinere AKP Suparmin mengatakan JB ditemukan tewas dengan cara gantung diri di kamar mandi rumahnya, Senin (1/11) pukul 06.30 WIB.


"Jadi bangun pagi anaknya ke dapur nyari emaknya enggak ada. Nah, pas enggak ada, neneknya masuk rumah dan begitu masuk lihat korban sudah gantung diri," jelasnya ketika dikonfirmasi, Selasa (2/11).


Suparmin mengatakan, dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan yang dialami oleh JB. Karenanya ia memastikan korban murni meninggal dunia karena gantung diri.


Berdasarkan keterangan saksi dan informasi yang diperoleh, korban yang merupakan janda dengan anak dua ini mengalami depresi karena terlilit utang.


"Motifnya karena faktor ekonomi yang menyebabkan JB gantung diri. Kami juga memeriksa handphone milik JB dan terdapat beberapa chat tagihan hutang," ujar Kapolsek.


Suparmin menjelaskan dari isi percakapan tersebut terdapat sejumlah tagihan hutang pinjol sebesar Rp12 juta rupiah. JB yang tidak mempunyai pekerjaan tetap diduga tidak kuat membayarnya dan memilih bunuh diri.


"Dia enggak sanggup lagi. Sendirian punya dua anak kerja serabutan, hutang pokoknya Rp12 juta. Kalau membengkaknya kita enggak ngerti [jumlahnya]," tutur dia.


Sebelum ditemukan tewas, lanjutnya, korban juga telah meninggalkan sebuah surat wasiat yang berisikan permintaan maaf pada keluarga. Isinya, JB menitipkan kedua anaknya yang masih berusia 8 dan 13 tahun kepada pihak keluarga.


"Iya ada tulisan yang ditinggalkan korban, intinya dia minta maaf sama orang tua, dan titip anak-anaknya," katanya.


Sebelumnya, sejumlah kasus bunuh diri akibat teror pinjol terjadi di sejumlah kota. Salah satunya, seorang ibu rumah tangga berinisial WPS (38), warga Selomarto, Giriwoyo, Wonogiri, Jawa Tengah yang meninggal akibat bunuh diri, Sabtu (2/10).


Dia diduga nekat mengakhiri hidupnya usai diteror penagihan utang puluhan juta rupiah dari 23 pinjol. Kepolisian kemudian membongkar jaringan koperasi simpan pinjam yang diduga didanai oleh WN China.

Posting Komentar untuk "Akibat Tagihan Pinjaman Online (Pinjol) sebesar Rp 12 Juta Seorang Ibu di Depok Bunuh Diri"