Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Festival Literasi Digital Dihadiri oleh Ribuan Peserta

festival literasi digital 2021


Netizen Digital Literacy Fair yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama seluruh mitra dan jaringan Cybercreation pada 18-19 Desember 2021 dihadiri secara online dan offline oleh ribuan peserta.


Netizen Fair tahun ini diadakan dalam format hybrid. Data kementerian menunjukkan bahwa acara tersebut dihadiri secara pribadi oleh seribu peserta pada hari pertama. Jumlah peserta virtual pun semakin banyak, yakni 40.643 orang.


Dalam keterangan pers, Rabu, juru bicara kementerian, Dedy Permady, mencatat bahwa melalui Netizen Digital Literacy Fair 2021, Pemerintah optimis ruang digital Indonesia terus tumbuh.


Kementerian juga berharap kemajuan teknologi digital dapat dimanfaatkan secara bijak, sehingga dampak positifnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, tegasnya.


“Mari kita terus memperbaiki diri dan bersama-sama meningkatkan literasi, keterampilan, dan ketahanan bangsa menuju Indonesia Terkoneksi: Lebih Digital, Lebih Maju,” tegasnya.


Kementerian sebagai pelopor transformasi digital telah menyiapkan Program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) sebagai pilar pengembangan sumber daya manusia digital yang telah dimulai sejak tahun 2017.


Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menavigasi ruang digital.


Program GNLD Kementerian menjadi titik awal pengembangan SDM digital Indonesia dalam mewujudkan warga digital, kata Permadi.


Warga digital ini diharapkan mampu menavigasi ruang digital dan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digital, katanya.


Beberapa pembicara yang mewakili komunitas, akademisi, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya di bidang literasi digital turut serta dalam kegiatan tersebut.


Peserta terdiri dari gubernur dan walikota Bali, peminat literasi digital, praktisi media sosial, dan key opinion leader dari berbagai kota.


Acara yang ditampilkan dalam Netizen Digital Literacy Fair adalah acara “Digital Literacy Talk” dengan diskusi mengenai empat pilar literasi digital dan isu-isu teknologi digital terkini.


Kementerian juga mengadakan "Netizen Talks" yang mengulas lebih lanjut pemanfaatan teknologi digital, seperti pembuatan konten yang menarik, tips dan trik dalam membuat podcast, dan kelas animasi.

Posting Komentar untuk "Festival Literasi Digital Dihadiri oleh Ribuan Peserta"