Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabar Gembira, Presiden Jokowi Putuskan Vaksin Booster Gratis Untuk Seluruh Rakyat Indonesia

pemerintah menggratiskan vaksin booster


Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk membebaskan biaya vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster bagi seluruh masyarakat Indonesia.


"Vaksin ketiga ini saya putuskan gratis untuk seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi dalam keterangannya di Istana Merdeka, Selasa, 11 Januari 2022.


Jokowi menegaskan, vaksinasi booster gratis ini dilakukan mengingat keselamatan masyarakat menjadi hal utama dalam menghadapi pandemi COVID-19.


Pelaksanaan vaksinasi booster akan dimulai pada Rabu, 12 Januari besok. Sasaran prioritas vaksinasi adalah kelompok lanjut usia dan rentan. Hal ini dikarenakan kelompok ini membutuhkan perlindungan yang lebih dari kelompok usia lainnya.


“Mulai 12 Januari 2022, pemerintah akan melakukan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan. Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat, mengingat COVID-19 yang terus bermutasi,” kata Jokowi.


Kemarin, Food and Drug Administration (FDA) mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) untuk lima jenis atau merek vaksin untuk penggunaan vaksin dosis ketiga atau booster.


Hal itu ditentukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan penilaian keamanan, khasiat, dan kualitas beberapa vaksin COVID-19 yang telah memperoleh EUA sebagai vaksin primer untuk dievaluasi sebagai vaksin booster berdasarkan data dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) uji klinis pendukung terbaru.


Kelima merek vaksin tersebut adalah CoronaVac (Sinovac), Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax. BPOM membagi klasifikasi vaksin booster berdasarkan homolog atau pemberian dosis vaksin booster dengan merek yang sama dari sebelumnya, dan heterolog atau dosis booster dengan merek yang berbeda dari sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Kabar Gembira, Presiden Jokowi Putuskan Vaksin Booster Gratis Untuk Seluruh Rakyat Indonesia"