Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Marketing dalam Bisnis

Marketing adalah proses menarik calon pelanggan dan klien dalam produk dan/atau layanan Anda. Kata kunci dalam definisi marketing ini adalah "proses"; marketing melibatkan meneliti, mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk atau layanan Anda.

Ini adalah topik yang sangat besar, itulah sebabnya mengapa ada buku-buku tebal yang ditulis tentang marketing, dan mengapa Anda dapat mengambil gelar marketing empat tahun. Tetapi pada dasarnya marketing melibatkan semua yang Anda lakukan untuk mendapatkan pelanggan potensial dan produk atau layanan Anda bersama-sama.

Nama permainan dalam marketing adalah menarik dan mempertahankan basis pelanggan yang puas yang terus berkembang. Membuat dan menerapkan rencana marketing akan membuat upaya marketing Anda tetap terfokus dan meningkatkan penjualan Anda.

 

Kisah Sukses Marketing Apple Inc.

Dimulai dari sebuah garasi di Los Altos California pada tahun 1976, Apple Inc. menjadi perusahaan AS pertama yang mencapai kapitalisasi pasar $2 triliun. Dengan lebih dari 147.000 karyawan di seluruh dunia dan pendapatan $247,5 miliar pada tahun 2020, jika Apple adalah sebuah negara, kapitalisasi pasarnya akan menjadikannya salah satu negara terbesar di dunia berdasarkan PDB.

Selain mengembangkan lini komputer pribadi Apple I dan Apple II mulai tahun 1976, salah satu pendiri Apple Steve Jobs mengembangkan sejumlah produk teknologi yang unik dan inovatif, termasuk komputer Mac, iPod, iPhone, iPad, Apple TV, dan Apple Watch.

Pendiri Apple Steve Wozniak pernah berkata bahwa marketing adalah keahlian terbesar Jobs. Dia dikenang karena lelucon khasnya "One More Thing..." yang sering dia gunakan dalam presentasi, dan pengenalan utama iPhone di panggung Macworld pada tahun 2007 masih dianggap sebagai salah satu pertunjukan marketing terbaik yang pernah ada.

Iklan Super Bowl 1984 Apple untuk peluncuran Macintosh secara luas dianggap sebagai iklan Super Bowl terbaik yang pernah ada. Keputusan untuk melanjutkan iklan tersebut sangat kontroversial di dalam Apple. Dewan direksi tidak mendukung iklan tersebut, menganggapnya mahal dan merupakan tamparan bagi pesaing IBM. Namun, Jobs menyukai iklan tersebut dan Apple tidak dapat menjual slot waktu terakhir yang telah dibelinya sebelum dewan mulai berbeda pendapat, sehingga iklan tersebut berjalan. Dalam 100 hari pertama setelah penayangan Super Bowl, Apple mencatat penjualan Macintosh sebesar $155 juta.

Jobs memiliki hasrat untuk membuat produk yang inovatif dan dirancang dengan indah untuk pasar massal.

Kecantikan dan kesederhanaan menjadi nilai merek inti Apple, tetapi sementara banyak produk Apple sangat baik dalam memasarkan dirinya sendiri, Jobs menyadari sejak awal bahwa ia perlu mengintegrasikan bentuk, fungsi, dan marketing yang hebat untuk menjadi benar-benar sukses, dan dengan melakukan itu ia mendorong Apple menjadi salah satu merek konsumen yang paling dikenal di dunia.

Bahkan ketika Apple tidak pertama kali keluar dari gerbang dengan produk baru yang revolusioner, seringkali perusahaan yang mengambil produk yang sudah ada, merekayasa ulang dengan cara yang unik, mengembangkan kampanye marketing yang brilian, dan membuatnya menjadi sukses komersial yang luar biasa. . IPhone adalah contohnya, yang ketika dirilis menghancurkan pesaing seperti Nokia dan Blackberry dalam beberapa tahun.​

Keberhasilan marketing Apple berkisar pada membangun dan mempertahankan loyalitas merek. Pelanggan Apple cenderung sangat setia pada merek dan banyak penggemar setia Apple akan membeli setiap rilis baru produk Apple. Tidak jarang konsumen mengantri berjam-jam atau berhari-hari untuk iPhone baru atau rilis produk Apple lainnya. Menurut BankMyCell, iPhone Apple memimpin Samsung, LG, dan semua smartphone lainnya dalam loyalitas merek dengan tingkat tukar tambah 74,6% pada 2019.

 

Apple adalah pemenang penghargaan yang konsisten untuk keunggulan marketing, termasuk:

Apple Inc. “Get a Mac” Dinobatkan sebagai Kampanye Marketing Paling Sukses tahun ini di Penghargaan Effie Tahunan 2007.5 (Kampanye iklan "Dapatkan Mac" sangat sukses untuk Apple, dan mereka mengalami pertumbuhan pangsa pasar 42% dalam tahun pertama Serial ini menggambarkan seorang pemilik Mac yang masih muda dan trendi versus pemilik PC yang kikuk, tampak kutu buku, dan jelas tidak keren.)6 Pada tahun 2010, Adweek mendeklarasikan "Dapatkan Mac" sebagai kampanye iklan terbaik dekade ini.

CMO Survey Award for Marketing Excellence pemenang keseluruhan selama 12 tahun berturut-turut hingga tahun 2020.

"Merek Teknologi Tahun Ini" pada tahun 2013 oleh firma riset marketing Harris Interactive.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Marketing dalam Bisnis"