Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasus Omicron RI Meningkat, Menkes: Jangan Keluar Negeri, Sumber Penyakit nya dari Sana!

kasus omicron di indonesia


Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat Indonesia tidak bepergian ke luar negeri. Permintaan ini menyusul terus meningkatnya jumlah kasus varian Omicron COVID-19 di Tanah Air karena kasus impor atau yang dibawa oleh pelancong dari luar negeri.


Menkes menyebutkan mayoritas warga negara Indonesia (WNI) yang pulang dari luar negeri terpapar Omicron. Saat ini, jumlah kasus Omicron di Indonesia sebanyak 46 orang.


"Jadi, lindungi diri kita, jangan keluar negeri," kata Menteri Kesehatan Budi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 27 Desember.


Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu kembali mengimbau warganya untuk tidak bepergian ke luar negeri. Pasalnya, selama ini varian Omicron yang masuk ke Indonesia berasal dari orang-orang yang melakukan perjalanan antar negara.


“Tidak perlu ke luar negeri jika tidak terlalu membutuhkan karena sekarang sumber penyakitnya ada di sana,” kata Budi.


Selain menahan diri untuk tidak bepergian ke luar negeri, Budi juga meminta masyarakat Indonesia untuk mematuhi protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker. Ke mana pun Anda pergi, katanya, masker harus digunakan untuk mencegah tertular Omicron.


"Masker benar-benar melindungi kita dari penularan," katanya. Budi juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya menggunakan PeduliLindung saat memasuki fasilitas umum atau pusat perbelanjaan.


Menurutnya, saat ini masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan PeduliLindung saat memasuki pusat perbelanjaan dan restoran. Padahal, kata Budi, PeduliLindung bisa membantu pemerintah menelusuri kontak dekat kasus Omicron.

Posting Komentar untuk "Kasus Omicron RI Meningkat, Menkes: Jangan Keluar Negeri, Sumber Penyakit nya dari Sana!"