Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Survei: Mayoritas Pemilih Ingin Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024

survei elektabilitas ganjar pranowo


Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei di mana salah satu mayoritas pemilih menginginkan Ganjar Pranowo menjadi calon presiden pada Pemilihan Umum 2024.


Direktur Eksekutif Charta Politica Yunarto Wijaya menjelaskan mayoritas pemilih PDI-P menginginkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden mencapai 60 persen.


"Bisa dikatakan mayoritas atau 60 persen pemilih PDI-P mengatakan memilih Ganjar Pranowo," kata Yunarto dalam keterangan tertulis yang dikutip, Selasa, 21 Desember.


Sementara di Partai Golkar, Ganjar meraih 26,5 persen. Padahal partai berlambang pohon beringin itu sudah memiliki calon presiden sendiri, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto, yang hanya mendapat 4,4 persen.


“Beberapa temuan menarik adalah Ganjar Pranowo bersaing dengan pemilih PKB yang mengaku memilih Anies Baswedan,” kata Yunarto.


Yunarto melanjutkan, di PKB Ganjar memimpin persentase perolehan sebesar 31 persen. Disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 26 persen dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 13 persen.


"Partai Nasdem masih terpecah, karena masih berusia dua tahun dan belum memanas," katanya


Dia mengatakan Ganjar memenangkan 32,7 persen pemilih Nasdem. Jumlah ini lebih unggul dari Anies Baswedan yang memperoleh 13,5 persen.


Survei ini dilakukan pada 29 November - 6 Desember 2021. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.


Survei menggunakan multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei tersebut memiliki margin of error sekitar 28,3 persen.

Posting Komentar untuk "Survei: Mayoritas Pemilih Ingin Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024"